Wednesday, October 23, 2013

RESUME BAB 5 : PERANAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK



Sumber : Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

1.       Karakteristik Guru Anak Berbakat
Maker (1982) membagi karakteristik guru anak berbakat menjadi tiga kelompok:
a.       Karakteristik filosofis, dimana perlu dipertimbangkan dalam seleksi guru anak berbakat.
b.      Karakteristik profesional, dimana karakteristik ini dapat dikembangkan melalui pelatihan dalam jabatan (in-service training) seperti kemampuan untuk mempergunakan keterampilan dinamika kelompok dan strategi yang maju (advanced), memberi pelatihan inquiry, dan memahami ilmu komputer.
c.       Karakteristik pribadi guru, meliputimotivasi, kepercayaan diri, rasa humor, kesabaran, minat luas, dan kelenturan (fleksibilitas).

2.       Persiapan Guru Anak Berbakat
a.       Program Bergelar
Kebanyakan program guru anak berbakat mempersyaratkan kompetensi.
b.      Pelatihan dalam Jabatan
Pelatihan dalam jabatan dapat diberikan oleh sekolah, yayasan, dan sebagainya, dan berbeda dari program bergelar dalam hal bahwa pelatihan dalam jabatan lebih memberikan pengalaman dengan tujuan-tujuan khusus .

3.       Siapa Saja yang Dapat Menjadi Guru Anak Berbakat?
a.       Mentor pada Program Anak Berbakat
Pengertian mentor : Mentor adalah seseorang yang dikagumi anak dan yang menjadi model peran dalam salah satu atau beberapa bidang kegiatan, seseorang yang merangsang dan juga menghargai anak.
Peranan mentor :
·         Mentor pribadi: yang bisa menjadi mentor pribadi bisa seorang guru yang meningkatkan keterampilan dan perkembangan intelektual siswa; bisa seorang sponsor dan bisa juga seseorang yang memperkenalkan dunia baru.
·         Mentor sebagai narasumber : biasanya sukarelawan dari masyarakat.
b.      Orang Tua
·         Orangtua memberi informasi mengenai anaknya.
·         Orangtua membantu guru dalam menyelenggrakan proyek individual.
·         Berperan serta dalam panitia penasihat.
c.       Psikolog
·         Membantu dalam mengembangkan kesempatan pelatihan intensif untuk guru anak berbakat.
d.      Konselor
·         Membantu siswa berbakat untuk lebih belajar memahami diri sendiri dan mengambil keputusan yang bijak.

4.       Membangkitkan kreativitas di sekolah
a.       Sikap Guru
b.      Falsafah Mengajar
c.       Pengaturan Ruang Kelas

5.       Strategi Mengajar
a.       Melibatkan siswa dalam menilai pekerjaan mereka sendiri.
b.      Memberikan hadiah berupa kata penghargaan untuk siswa.
c.       Siswa dimungkinkan untuk membuat pilihannya sendiri.





No comments:

Post a Comment

Embedded below post