Sumber : Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.
Jakarta: Rineka Cipta.
1.
Teori Persimpangan Kreativitas (Creativity Intersection)
Dalam mewujudkan kreativitas seorang anak sangat
diperlukan dukungan dari berbagai pihak termasuk orangtua dan lingkungan
sekitar. Namun, itu tidak akan cukup tanpa adanya motivasi intrinsik dari dalam
diri. Keberhasilan kreatif itu sendiri merupakan persimpangan (intersection) antara:
·
Domain skills
(keterampilan anak dalam bidang tertentu)
·
Creative thinking and working skills
·
Dan intrinsic motivation.
2.
Karakteristik Keluarga yang Kreatif
a. Penelitian
Dacey
Dacey (1989) melakukan
penelitian di Inggris terhadap kehidupan keluarga yang berbeda dari keluarga
biasa.
Dari studi ini, Dacey
menarik kesimpulan akan karakteristik apa saja yang dimiliki keluarga dalam menghasilkan
anak yang kreatif, yaitu:
·
Faktor genetis VS
Lingkungan
·
Aturan perilaku
·
Tes Kreativitas
sebagai Prediktor Prestasi Kreatif Remaja
·
Masa kritis
·
Humor
·
Ciri-Ciri Menonjol Lainnya
·
Perumahan
·
Pengakuan dan Penguatan
pada Usia Dini
·
Gaya Hidup Orang Tua
·
Trauma
·
Dampak dari Sekolah
·
Bekerja Keras
·
Dominasi Lateral
·
Perbedaan Jenis
Kelamin
·
Penilaian Orang Tua
Mengenai Kreativitas Anak
·
Jumlah Koleksi
Menurut Dacey, keluarga merupakan kekuatan yang penting
dan merupakan sumber pertama dan yang paling utama dalam pengembangan kemampuan
kreatif anak.
b. Hubungan antara
Latar Belakang Keluarga dan Kinerja Anak
Data menunjukkan bahwa
perhatian merupakan determinan yang positif dari kinerja kreatif seorang anak,
akan tetapi pendekatan otoriter mempunyai dampak sebaliknya terhadap kinerja
anak. Kreativitas sendiri dikonsepsikan sebagai bertentangan dengan sifat
otoriter, dimana kreativitas merupakan wujud aktualisasi diri individu yang
berfungsi sepenuhnya (Maslow, 1962).
c. Studi tentang
Keluarga Anak Berbakat di Indonesia
Sesuai dengan studi yang
telah dilakukan oleh Utami Munandar mengenai perbandingan antara keluarga anak
dengan IQ di atas 130 dan keluarga anak dengan IQ pada taraf rata-rata
disimpulkan bahwa mayoritas orang tua dari kedua kelompok anak dalam mendidik
tidak terlalu menekankan pada peraturan yang ketat akan tetapi mempertimbangkan
apa yang menjadi kebutuhan anak.
d. Penelitian tentang
Latar Belakang Keluarga Finalis LKIR/LPIR
Dedi Supriadi menemukan
bahwa sebagian besar finalis LKIR dan LPIR adalah laki-laki sehingga beliau mengungkapkan
bahwa jenis kelamin merupakan faktor penting dalam kreativitas keilmuan. Peran ayah
lebih dominan, ungkapnya. Berbeda dengan Utami Munandar yang mengatakan bahwa
tingkat pendidikan ibu lebih berkaitan dengan prestasi. Perbedaan kedua
pendapat ini dikarenakan Utami Munandar menyangkut siswa pada jenjang SD dan
SMP sedangkan penelitian Dedi Supriadi menyangkut pendidikan sekolah jenjang
menengah dan perguruan tinggi.
3.
Mengembangkan Kreativitas Anak di Rumah
Pada contoh kasus yang telah dipaparkan dapat disimpulkan
bagaimana orang tua hendaknya mampu mengembangkan kreativitas anak di rumah
yaitu:
·
Tidak menggunakan
banyak tekanan dalam pengasuhan
·
Memberikan banyak
kebebasan kepada anaknya untuk berimajinasi
·
Menghibur anak saat
menghadapi tekanan
·
Selalu menawarkan
pengalaman baru kepada si anak
·
Menghargai produk
kreativitas yang dibuat si anak
·
Menyediakan lingkungan/fasilitas
yang merangsang diri secara untuk kreatif
4.
Dampak Sikap Orang Tua terhadap Kreativitas Anak
Amabile menyebutkan adanya faktor yang menentukan sikap
orang tua secara langsung yang mempengaruhi kreativitas anak mereka, yaitu :
·
Kebebasan
·
Respect
·
Kedekatan emosional
yang sedang
·
Prestasi, bukan angka
·
Orang tua aktif dan
mandiri
·
Menghargai kreativitas
Penelitian menunjukkan bahwa semua orang dewasa dapat menjadi
model bagi anak tetapi model yang paling penting adalah orang tua yang kreatif
yang memusatkan perhatian pada bidang minatnya.
5.
Orang Tua sebagai Pendukung Program Anak Berbakat
Peranan kelompok orang tua sangat penting sebagai
pendukung program anak berbakat di sekolah, misalnya dalam mencari mentor dan
membantu pelaksanaan program anak berbakat serta membantu mengajar jika
memiliki keahlian tertentu.
No comments:
Post a Comment
Embedded below post